KARANGAN YANG BERSIFAT INDUKTIF DAN DEDUKTIF

KARANGAN YANG BERSIFAT INDUKTIF DAN DEDUKTIF

Paragraf deduktif – induktif adalah paragraf yang dimulai dari pernyataan yang bersifat umum disusul dengan pernyataan yang bersifat khusus dan diakhiri dengan pernyataan yang bersifat umum. Letak kalimat utama paragraf ini ada di awal dan akhir paragraf. Pola paragraf ini adalah umum – khusus – umum. Kalimat utama yang ada di akhir paragraf bersifat penegasan kembali dengan susunan yang agak berbeda.

Berikut ini adalah contoh-contoh paragraf deduktif – induktif :

# Contoh 1

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingginya kolesterol merupakan faktor resiko yang paling besar seseorang untuk menderita penyakit jantung kororner. Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kolesterol, tetapi yang dianggap paling besar perannya dalam masalah tersebut adalah tingginya konsumsi lemak serta kandungan konsumsi asam lemaknya. Dalam hal ini, minyak goreng merupakan sumber utama lemak yang tidak baik. Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

# Contoh 2

Siswa kelas VI belajar untuk menghadapi ujian dua bulan yang akan datang. Mereka sangat berkonsentrasi pada pelajaran yang diberikan oleh Ibu guru. Tampak situasi kelas lebih tenang. Keteangan kelas mereka bukan berarti sunyi dan sepi, tetapi suasana kelas mereka hidup, yaitu timbulnya tanya jawab tentang pelajaran yang sedang dibahas. Suasana yang hidup ini benar-benar membangkitkan semangat guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Juga suasana yang hidup itu menimbulkan kesungguhan para siswa dalam belajar. Suasana giat belajar itu dilakukan dan diciptakan siswa kelas VI dalam menghadapi ujian yang sudah diambang pintu

# Contoh 3

Chairil Anwar terkenal sebagai penyair. Ia disebut penyair yang membawa pembaharuan dalam puisi. Ada yang mengatakan dia sebagai seorang individualis. Ada yang menilai bahwa ia seorang yang kurang bermoral dan plagiat karena ada sebagian kecil dalam gubahannya merupakan jiplakan dari puisi asing. Dalam sajak-sajaknya yang dikumpulkan dalam “Deru Campur Debu” memperlihatkan adanya perbedaan bentuk, corak, gaya, dan isi. Tanggapan orang terhadap Chairil berbeda-beda. Namun, bagaimanapun ia tetap seorang penyair besar yang membawa kesegaran baru dalam bidang puisi pada 1945

# Contoh 4

Di dalam memutuskan suatu kebijakan, presiden sebagai kepala negara dan sebagai kepala pemerintahan sangat membutuhkan pertimbangan dan nasehat dari seseorang atau sekelompok orang. Tujuannya ialah agar kebijakan yang diputuskannya sesuai dengan prinsip hukum, demokrasi, pemerintahan yang baik untuk mencapai tujuan negara. Para pendiri bangsa ini menyadari akan kebutuhan presiden mengenai hal itu. Oleh karena itu, Undang – Undang Dasar kitamengamanatkan untuk emmbentuk suatu dewan yang bertugas untuk itu. Yang penting adalah kebutuhan presiden akan pertimbangan dan nasehat dari pihak lain dapat terpenuhi sehingga ia tidak menyalahi peraturan yang ada.

# Contoh 5

Peningkatan taraf pendidikan para petani sama pentingnya dengan usaha peningkatan taraf hidup. Petani berpendidikan cukup dapat mengubah sistem pertanian tradisional, misalnya bercocok tanam hanya memenuhi kebutuhan pangan, menjadi petani yang produktif. Petani yang berpendidikan cukup, mampu memberikan umpan balik yang setimpal terhadap gagasan-gagasan yang dilontarkan perencana pembangunan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. itulah sebabnya peningkatan taraf pendidikan para petani dirasakan sangat mendesak.

Contoh paragraf deduktif. Paragraf deduktif. Contoh paragraf deduktif dan induktif. Paragraf deduktif dan induktif. Contoh kalimat deduktif. Contoh paragraf induktif dan deduktif. Kalimat deduktif.

Contoh kalimat deduktif dan induktif. Contoh paragraf deduktif induktif dan campuran. Contoh paragraf deduktif induktif. Paragraf deduktif contoh. Kalimat deduktif dan induktif. Contoh paragraf deduktif pola contoh. Contoh kalimat induktif dan deduktif.

Contoh karangan deduktif. Contoh deduktif. Contoh paragraf deduksi. Paragraf deduktif induktif. Paragraf induktif dan deduktif. Deduktif dan induktif. Pengertian paragraf deduktif dan induktif.

Karangan deduktif. Deduktif. Kalimat induktif dan deduktif. Paragraf deduktif pola contoh. Contoh paragraf induktif deduktif. Contoh kalimat deduktif dan kalimat induktif. Pengertian paragraf deduktif.

Contoh contoh paragraf deduktif. Induktif dan deduktif. Contoh paragraf deduktif tentang pendidikan. Contoh paragraf deduktif dan paragraf induktif. Pengertian deduktif. Contoh deduktif dan induktif. Contoh kalimat deduktif induktif.

Contoh paragraf umum khusus. Paragraf deduksi. Contoh paragraf deduktif tentang kesehatan. Paragraf deduktif induktif dan campuran. Contoh kalimat paragraf deduktif. Contoh induktif dan deduktif. Contoh paragraf induktif deduktif dan campuran.

Kalimat deduktif dan kalimat induktif. Paragraf deduktif adalah. Contoh kalimat deduksi. Pengertian deduktif dan induktif. Perbedaan paragraf deduktif dan induktif. Contoh paragraf deduktif tema pendidikan. Kalimat deduktif induktif.

Contoh karangan deduktif dan induktif. Contoh paragraf umum ke khusus. Paragraf induktif dan paragraf deduktif. Contoh paragraf argumentasi deduktif. Contoh deduksi. Deduktif induktif. Artikel deduktif.

Contoh paragraf khusus umum. Kalimat induktif deduktif. Contoh paragraf ineratif. Paragraf induktif deduktif. Contoh kalimat paragraf. Contoh paragraf deduktif induktif campuran. Paragraf deduktif tentang kesehatan.

Contoh paragraf induktif dan paragraf deduktif. Artikel paragraf deduktif. Contoh paragraf eksposisi deduktif. Karangan deduktif dan induktif. Kalimat induktif dan kalimat deduktif. Artikel paragraf deduktif dan induktif. Contoh kalimat deduktif induktif dan campuran.

Contoh paragraf deduktif dengan tema pendidikan. Paragraf deduktif tema pendidikan. Contoh karangan deduktif induktif. Pengertian paragraf induktif dan deduktif. Contoh contoh kalimat deduktif. Pengertian kalimat deduktif dan induktif. Contoh karangan paragraf deduktif.

Contoh paragraph deduktif. Contoh paragrap deduktif. Paragraf deduktif tentang pendidikan. Paragraf deduktif dan induktif contoh. Contoh cerita paragraf deduktif. Contoh paragraf deduktif tema kesehatan. Contoh contoh paragraf deduktif dan induktif.

Contoh teks deduktif. Karangan induktif dan deduktif. Contoh pragraf deduktif. Contoh cerita deduktif. Contoh paragraf yang benar. Paragraf deduktif dan induktif adalah. Paragraf umum khusus.

Contoh paragraf deduktif bertema pendidikan. Kalimat paragraf deduktif. Contoh artikel deduktif. Contoh kalimat induktif deduktif. Paragraf induktif dan deduktif contoh. Contoh paragraf khusus ke umum. Deduktif dan induktif adalah.

Jenis paragraf deduktif. Perbedaan induktif dan deduktif.

 sumber : http://carapedia.com/paragraf_deduktif_induktif_info700.html

About these ads

About aldyreliandi

aku aldy leriandi , kamu siapa ??
Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s